Rabu, 30 April 2008

Training lanjutan

Training kemarin (29-30 April 2008) merupakan training lanjutan dari training yang ke 2 pada bulan maret 2008. Pada training ini, merupakan hasil dari pembuatan aplikasi Call Center Jardiknas yang telah sesuai dengan kebutuhan agent dan mempermudah pelayanan. Dengan adanya aplikasi yang baru ini, agent Call Center dimudahkan dalam pelayanan kepada customer/penelepon. Selain training mengenai aplikasi, para agent juga mendapatkan tambahan ilmu mengenai jaringan Jardiknas. Walaupun belajar jaringan bukan merupakan hal yang mudah, tapi semangat kami untuk dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin menjadikan belajar jaringan merupakan hal yang sangat menarik. Sehingga kami bisa semakin Percaya Diri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan keluhan-keluahan dari Customer/Penelepon yang ingin mandapatkan informasi mengenai Jardiknas.

Berikut Merupakan cara menangani gangguan koneksi Jardiknas.


PENANGANAN GANGGUAN WIRELINE

1. Kondisi Listrik
Pastikan tidak sedang terjadi pemadaman listrik

2. Kondisi Perkabelan
Apabila kabel pada modem dan router ada yang lepas, harap dipasang kembali

3. Cek Kondisi lampu di modem
untuk modem Zyxel, pastikan lampu DSL menyala
untuk modem Tellabs, pastikan lampu Line 1 menyala
Cari tahu tipe modem yang digunakan
Apabila lampu DSL atau Line 1 mati, segera hubungi C4 Telkom (0 800 1 835566)

4. Jika lampu Line 1 atau DSL menyala,
Cek kondisi lampu alarm pada router menyala atau tidak
Jika menyala, hub C4 Telkom (0 800 1 835566)

5. Jika lampu alarm mati,
Cek kabel interface yang terpasang pada router (ethenet atau serial)
Jika modem interface yang digunakan RJ-45, hubungkan kabel tersebut ke interface router fe-0/0/1
Jika modem interface yang digunakan V.35, hubungkan kabel ke interface router seri se-0/0/2


PENANGANAN GANGGUAN VSAT

1. Kondisi Listrik
Pastikan tidak sedang terjadi pemadaman listrik

2. Kondisi Antena
ODU tidak kemasukan air

3. Kondisi Perkabelan Modem
Periksa seluruh perkabelan indoor unit (modem) dan outdoor unit (ODU/transmit dan LNB/receive)

4. Perhatikan nyala lampu modem
Semua lampu dalam kondisi menyala dan harus dicapai kurang lebih 5 menit setelah perangkat dihidupkan

5. Periksa kondisi lampu transmit
Apabila mati, berarti ada masalah pada perangkat outdoor unit, hubungi C4 Telkom (0 800 1 835566)

6. Periksa kondisi lampu system
Apabila mati, berari ada masalah pada Telkom Cibinong. Hubungi C4 Telkom (0 800 1 835566)


Apabila dari keseluruhan penanganan diatas sudah dapat teratasi, cek koneksi, tes koneksi dan tes traceroute

PROSEDUR CEK KONEKSI

  1. Siapkan laptop atau komputer (satu PC saja)

  2. Lepaskan kabel yang menghubungkan ke port ethernet router dan pasangkan pada laptop atau komputer

  3. Konfigurasi alamat IP PC atau laptop dengan spesifikasi:

  • Lihat label stiker info alamat LAN IP diatas Router (118.x.x.x/29)

  • Klik Start Menu klik My Network Place Klik kanan, properties double klik pada LAN double klik pada TCP/IP

  • Apabila pada label di router tertulis 118.x.x.81/29, isi IP Address dengan 118.x.x.82

  • Isi Subnet mask = 255.255.255.248

  • Isi Default Gateway = 118.x.x.81


LAKUKAN TESTING “PING” DAN “TRACEROUTE”
  1. Buka aplikasi command. Klik Start – Run dan ketik cmd

  2. Ketik perintah ping 118.98.132.4 tekan enter lihat tampilan keluaran yang didapatkan. Apabila tampilan Rply Form maka testing berhasil, tetapi bila line is out maka testing gagal

  3. Ketik perintah tracert 118.98.132.4 dan tekan tombol enter dan tunggu sebentar. Hasil keluaran kira-kira 3-4 line.
    Capture keluaran tersebut dengan cara menekan Alt+Prt+Scr dan buka MS. Word, lakukan perintah paste. Print hasil tersebut sebagai bukti siap operasi.


KONEKSI BROWSING
  1. Buka aplikasi internet explore dan ketik alamat http://118.98.132.4 atau http://testing.jardiknas.org

  2. Jika muncul tampilan, capture dan print hasilnya untuk dilampirkan pada berita acara siap operasi



Tidak ada komentar: